Langsung ke konten utama

“Beberapa Titik Kabut Asap”



Palu, kota Palu kembali diselimuti kabut asap dan menurut penjelasan dari BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) Mutiara Palu, bahwa kabut asap yang ada di Sulawesi Tengah itu berada di bagian Pantai barat, Parigi dan Toli-toli.  Kabut asap yang dikota Palu itu adalah kiriman dari asap dari Kalimantan .
Titik hotspotnya bukan berada di wilayah kota Palu, tetapi ada beberapa titik seperti di Sulawesi Barat dan ada juga titik hotspot yang berada di Sulawesi Tenggara. Dan untuk hotspot wilayah Sulawesi Tengah berada di bagian Morowali. Dikatakan kabut asap kiriman karna angin global yang 300 M – 850 M adalah angin timuran.
Kiriman dari Kalimantan adalah angin global dari arah timur, sedangkan untuk wilayah Palu Barat sampai Palu Utara sekitar 320-360 derajat. Angin yang bergerak dari laut kedarat terjadi pada siang hari sekitar pukul 11.00 WITA. Dan prime kabut asap kisarannya masuk pada wilayah Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah , pada waktu subuh  sekitar jam 03.00 sampai jam 04.00 WITA .
Menurut Hadi Setiawan selaku prakirawan BMKG mengatakan bahwa kabut asap yang berada di wilayah kota palu sudah mulai berkurang karena sudah mulai turun hujan sehingga asap akan mula berkurangi tetapi tergantung dari wilayah lain yang titik hotspotnya masih mengirim asap lagi ke wilayah tertentu maka akan terjadi lagi kiraman asap (28/10)
Dari pengambilan gambar yang berada di bagian atas desa porame kab. Sigi kabut asap sudah mulai menghilang dan semoga kedepan nya kabut asap yang menyelimuti Sulawesi khususnya kota Palu akan mulai kembali normal dan cerah seperti sedia kala.
                   ( kabut asap tanggal 28-10-2015) (kabut asap pada tanggal 30-10-2015)

Nama       : Dian Novita
Kelas       : B Ilmu Komunikasi
Stmabuk  :  B 501 14 066

 



Komentar