Langsung ke konten utama

”Kabut Asap Kiriman”


Palu –Kebakaran hutan yang terjadi di Kalimantan,kabut asap akibat dari pembakaran hutan tersebut sudah menyebrang ke Sulawesi Tengah.
Kota Palu, Sulawesi Tengah, sudah beberapa pekan ini mendapat kiriman kabut asap dari Ampana,Parigi,Toli-toli,pusat dari kabut asap tersebut merupakan kiriman dari Kalimantan. Kabut yang ada di Sulawesi tengah khususnya kota Palu,asap yang ada di Palu adalah asap-asap kiriman.”ujar prakirawan Badan Meteorologi ,Klimatologi dan Geofisika(BMKG) Bandara Mutiara Palu,Hadi Setiawan,Rabu(28/10/2015). Akibat kabut asap tersebut penerbangan pesawat di Bandara Mutiara Sis Al-jufri Palu untuk sementara ini terhambat karena akibat kiriman asap dari Kalimantan dan wilayah-wilayah yang ada di Sulawesi.
Titik api atau  titik hotspotnya bukan berasal dari kota Palu tetapi ada juga yang berasal dari Sulawesi barat,titik hotspot lainnya juga berada di Sulawesi Tenggara,namun ada juga di beberapa titik di Sulawesi Tengah seperti Ampana,Parigi,Toli-toli, dan Buol.
Kabut asap biasa dibilang asap kiriman karena pengaruh angin Global yang sekitaran 850 mili bar keatas dan sekitar 300 m keatas itu adalah kiriman angin timuran atau angin dari arah timur dan dari Negara Australia masuk, dapat dibilang angin dari Negara tapi pada umumnya angin timuran karena posisi matahari sekarang masih ada,sebetulnya posisi matahari bukan berada di utara, karena rotasi itu kelihatan ada pada matahari sebelah utara, kalau disebelah utara berarti anginya semua bergerak ketimur.
Bagaimana cara menangulanggin kabut asap yang sedang terjadi.”kita berbicara tentang cuaca saja, kenapa titik api itu susah dihilangkan karena pertama adanya fenomena yang kita kenal dengan sebutan fenomena El-nino,musim kemarau semakin panjang,jadih lebih panas,lahan-lahn menjadi kering karena akibat fenomena El-nino tapi tidak semua wilayah terkena fenomena El-nino itu tersebut.”ujar Hadi Setiawan.
Cara mengatasinya juga bisa dengan memberikan kesadaran pada diri manusia,misalnya kalau memang yang mengakibatkan pembakaran hutan tersebut adalah manusia perlu sedikit kesadaran bagaimana pentingnya menjaga lingkungan dan membakar hutan secara liar karena biasa berdampak bagi masyarakat.

Nama : Tio Maura Maulina Simbolon.
Kelas: B Ilmu Komunikasi
Stambuk: B 501 14 086

Komentar