Langsung ke konten utama

Kelas Sharing Program Terbaru Kinesik

            Kelas sharing mungkin istilah ini masih terdengar asing di telinga orang awam . Kelas sharing adalah sebuah aktivitas yang hampir mirip dengan study club. Kelas sharing merupakan aktivitas yang dicetus oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2014 Universitas Tadulako. Mereka berinisiatif dan berkordinasi dengan para senior untuk membentuk aktivitas ini.
Aktivitas yang bernilai positif sudah menjadi hal yang wajib untuk organisasi akademis, sama seperti kelas sharing yang bertujuan untuk memberikan nilai positif terhadap anggota nya dan organisasi nya yaitu KINESIK (Komunitas Intelektual Mahasiswa Ilmu Komunikasi). Kelas sharing sendiri terbentuk karena mahasiswa angkatan 2014 merasa belum mendapatkan bekal yang cukup dari kegiatan sebelumnya seperti LKMTD dan PMJ.
Fungsi kelas sharing sendiri agar para anggota kinesik  angkatan 2014 menjadi pengurus kinesik yang sukses , serta saat angkatan 2014 menjadi pengurus diperiode berikutnya, mereka sudah matang melaksanakan program-programnya baik dalam Divisi maupun BSO.
Kegiatan kelas sharing sendiri diisi dengan pemberian materi dan praktek. Kegiatan nya dilakukan setiap dua minggu sekali. Pemateri yang berada di kelas sharing berasal dari luar prodi Ilmu Komunikasi. Panitia sengaja memilih dari luar karena pemateri yang diundang adalah pemateri yang memiliki banyak pengalaman dan cukup tenar dengan karyanya, baru-baru ini mereka mengundang Nur Sangaji dan untuk minggu ini mereka akan mengundang seorang penulis Neni Muhidin. Hal itu membuat para anggota KINESIK akan mudah termotivasi.
Anggota KINESIK yang berpartisipasi di kelas sharing sekitar 39 orang, kemungkinan di pertemuan berikutnya anggota KINESIK yang berpartisipasi akan bertambah. Kelas Sharing juga menerapkan kedisiplinan yang cukup ketat untuk membangun mental para anggota kinesik. Sebelumnya para anggota dan panitia kelas sharing sudah bersepakat membuat beberapa konsekuensi yaitu jika terlambat selama satu jam otomatis panitia ataupun anggota yang terlambat dikenai denda sebanyak 5000 rupiah, tidak hadir tanpa alasan sebanyak 3 kali diberikan surat pernyataan, tidak hadir sebanyak 7 kali dikeluarkan dari kelas sharing dan bagi yang tidak bisa mengikuti kelas sharing di pertemuan sebelumnya maka kelasnya akan disendirikan tujuannya agar para anggota tidak ketinggalan materi. Hal tersebut dapat kita nilai suatu kesepakatan yang berimbang antara panitia dan anggotanya serta kedisiplinan yang sangat ketat.
Secara realitas KINESIK sudah terlalu lama mengalami penurunan yang terus menerus berjalan, terakhir kali KINESIK mendapat kejayaan dan dikenal orang- orang pada tahun 2007 silam. Maka dari itu Andika selaku panitia kelas sharing terus berharap dengan terbentuknya kelas sharing KINESIK bisa jaya lagi seperti dahulu kala. Semoga anggota KINESIK kedepannya tetap konsisten dan semua program terlaksana dengan baik agar segalanya terwujud menjadi nyata.

NAma : Aisyah rokhimah
kelas: b ilmu komunikasi 
stambuk : B 501 14 099

Komentar