Langsung ke konten utama

KPU Dalam Mempersiapkan Pemilihan Walikota Tahun 2015


PALU-Dalam rangkah mempersiapkan pemilihan calon walikota 9 desember nanti, pihak KPU akan melaksanakan tahapan persiapan, pelaksanaan, evaluasi dalam hal ini laporan. kesiapan komisi pemilihan umum dipresentasikan telah mencapai 80%. Terdapat pula beberapa tahapan yang telah dilaksanakan yaitu melingkupi pedaftaran calon kandidat dan kampenye. ”tentunya semua pasangan calon telah memenuhi syarat yang ditentukan dan sudah melewati proses pada tanggal 26-28 Juli kemudian ditetapkan pada tanggal 24 Agustus,” ujar Agus Salim selaku Defisi Domestik Kantor KPU, Rabu (28/10). Berbeda dari tahun sebelumnya, kampanye tahun ini tidak hanya dilaksanakan oleh pasangan calon kandidat saja namun pihak KPU juga ikut serta dalam melaksanaan kampanye tersebut. Adapun kampanye yang akan dilaksanakan oleh KPU ialah penyebaran bahan kampanye, pemasangan alat peraga kampanye, debat calon wali kota beserta wakilnya dan iklan kampanye terhadap masing-masing  pasangan calon.
Terkait dengan tahapan-tahapan, KPU telah melaksanakannya dalam hal ini dengan adanya penetapan BPTB 1 (daftar pemilihan tetap) disamping kampanye juga melaksanakan kegiatan logistik seperti pada saat pelaksanaan hariha di TPS-TPS yang dinamakan kotak suara, surat suara dan bidik suara dan itulah yang akan disiapkan oleh KPU terkait dengan kebutuhan di TPS nantinya, juga disampaikan bahwa di TPS, KPU telah menyiapkan akses bagi penyandang disabilitas yang namanya plerer, jadi surat-surat suara itu diperuntuhkan kepada orang yang Tuna Netra. Sejauh ini jumlah TPS untuk kota palu adalah 621 yang tersebar di 45 kelurahan dan 8 kecamatan, selain itu untuk jumlah DPT ialah 283.280 ribu.
Menurut aturan yang telah diamanatkan, pihak kpu sendiri telah menetapkan pelaksanaan debat calon wali kota maksimal sebanyak tiga kali yakni, yang pertama telah dilaksanakan pada tanggal 16 oktober, yang kedua akan dilaksanakan pada tanggal 10 november dan yang terakhir akan dilaksanakan pada tanggal 30 november. Bertempat diMarcure Hotel dan disiarkan secara langsung oleh TVRI Sulteng. Di ikuti oleh ke-4 pasangan calon.
Dalam debat, ada 3 tema yang akan di ikuti oleh masing-masing ke-4 pasangan calon yaitu ekonomi kesejahteraan, hukum dan kebijakan serta sosial budaya. Tema ini sangatlah  berhubungan erat dengan Visi dan Misi dari ke-4 pesangan calon. “tentunya akan sangat menarik jika kita ikuti,” kata Agus Salim, Rabu (28/10).
“Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecurangan dalam pemilu, KPU akan segera menyikapinya melalui rana yang akan mengawasi ketika ada pelanggaran akan diproses lebih lanjut bahkan dipidana yang melibatkan pihak kepolisian dan kejaksaan,” Ditegaskan oleh Agus Salim.
Salah satu yang menjadi kendala dalam kampanye tahun ini ialah terbatasnya anggaran, tidak hanya itu metode kampanye yang berbeda dari tahun sebelumnya yaitu kampanye dilaksanakan oleh KPU seperti misalnya pemasangan alat peraga yaitu baliho, spanduk dan umbul-umbul. “ disitu kendala kita ketika ada kerusakan tentunya harus ada penggantian sementara KPU kota palu sedang dalam keterbatasan dana sehingga sulit untuk bisa menggantinya,” ujar Agus Salim, Rabu(20/10).


NAMA                        : DELTA KLARA LILOI
NO.STAMBUK         : B501 14 061
KELAS                       : B







Komentar