Langsung ke konten utama

KULINER KHAS SUKU KAILI UTA KELOR DAN UTA DADA


Foto: by Rasna
Siang itu ditengah-tengah terik sinar matahari yang menyinari kota Palu, bau sedap menyambut kedatangan orang-orang yang datang disebuah warung makan yang letaknya berada di jalan Tembang Kampung Lere. Warung makan yang berdiri sejak tahun 2004 ini, menjadi salah satu primadona masyarakat kota palu. Dan pengujung warung makan ini pun bukan hanya masyarakat sekitar kota palu tetapi ada juga yang dari luar kota palu.
Ditengah perkembangan zaman seperti sekarang ini, disaat rumah makan lain bermunculan dengan aneka menu yang berbeda-beda, warung makan ini tetap tetap menyajikan makanan khas kaili. Masakan yang paling banyak dicari diwarung makan ini yaitu Uta Kelor dan Uta dada. Uta kelor yang artinya dalam bahas kaili adalah sayur kelor,sedangkan Uta  dalam bahasa kaili yang artinya sayur sedangkan dada adalah ikan atau ayam. uta kelor dan Dan Uta Dada  ini merupakan kuliner khas palu Sulawesi Tengah,yang konon katanya uta kelor dan Uta Dada ini identik dengan suku terbesar yang mendiami kawasan Sulawesi tengah yaitu suku kaili.Uta kelor dan Uta dada ini sudah ada sejak tahun 50an. Dan tumbuhan daun kelor ini pun dapat di jumpai di setiap sudut Wilaya Sulawesi tengah.
 pada awalnya uta kelor dan Uta Dada ini hanya sebagai menu rumahan,tetapi dengan seiring berjalan nya waktu uta kelor ini bereformasi  menjadi duta dan icon kota palu Sulawesi tengah. Karena memiliki citar rasa yang khas dan unik uta kelor dan Uta Dada ini menjadi makanan wajib bagi suku kaili, uta kelor ini berbahan dasar daun kelor,dan memiliki bahan tambahan seperti,pisang kapok muda,irisan terung,udang halus,cabe,santan,penyedap rasa dan garam.

Dan cara pembuatan nya pun sangat mudah yaitu santa dan cabe rawit di masak hingga mendidih kemudian,masukan garam, daun kelor,pisang,dan terung kemudian di aduk hingga merata,setelah pisang,dan terung sudah melemas dan matang sayur siap untuk diangkat dan di sajikan.
Foto: by putri kaili
Dan untuk pemembuat Uta Dada pun terbilang cukup muda dan untuk membuat  uta dada ini pun tidak terlalu susah untuk mencari bahan-bahannya karena bahan-bahan nya sangat mudah di dapat ,pertama potong ayam atau ikan sesui dengan selerah lalu bersihkan kemudian bakar ayam atau ikan tersebut setengah matang,kemudian angkat,dan kemudian masukan santan kedalam panci yang telah disediakan kemudian masukan bumbu-bumbu yang telah di haluskan kemudian tunggu sampai mendidih,setelah mendidih masukan masukan serai dan tomat sambil di aduk rata.kemudian masukan santan kental,kemudian aduk hingga mendidih lalu ankat. Uta kelor dan Uta Dada akan lebih nikat jika jika di lengkapi dengan Nasi jagung dan Lawa.
dan  Bagi anda yang ingin menikmati kuliner ini pun tak perlu merogoh  koceh cukup besar karena harga makanan di warung makan khas kaili ini terbilang cukup murah. dan Menu yang menjadi andalan warung makan ini yaitu  Uta kelor dan Uta dada dan pada warung makan ini sangat ramai ketika jam makan siang.
Uta dada ini  cukup terkenal di kota palu karena rasanya yang khas dan enak, memiliki rasa yang pedas,sehingga yang mencoba kuliner uta dada ini pun ingin selalu menikmati terus.dan konon kata nya bagi yang menikmati kuliner Uta Kelor dan Uta dada ini jika di berasal dari luar kota palu dia akan kembali lagi ke kota palu.Rsn

KELOMPOK 6 KULINER
A.    PEMIMPIN REDAKSI
v  RAMNIA       ( B 501 14 083)
B.     REPORTER
v  RASNA          ( B 501 14 057)
C.    EDITOR
v  APRIATNO SELFINUS (B 501 14 058)
D.    FOTOGRAFER
v  AHMAD SETIAJI                             (B 501 14 065)
v  FADEL MUHAMMAD NAKU       (B 501 14 094)
v  MAGRIANA                                     (B 501 14 067)
v  WARMAN                                                      (B 501 14 055)


Komentar

Posting Komentar