Langsung ke konten utama

Mengenal Lebih Dekat Hijriyah Community

Doc Ragwan Alayidrus

Berawal dari perkumpulan pengajian muslimah, Hijriyah Community berkembang pesat di tengah – tengah muslimah kota Palu. Awalnya komunitas ini didirikan karena usulan dari seorang teman yang menginginkan kegiatan pengajian ini terus berlanjut .  Komunitas ini masih seumur jagung yang baru saja menginjakkan kaki di kota Palu. Tepatnya tanggal 26 Oktober 2014 atau 1 Muharam 1436 H.
            Sebelum terbentuk menjadi sebuah komunitas , nama komunitas ini memiliki banyak usulan yang diberikan oleh rekan - rekan Hijriyah Community. Namun salah satu nama terpilih yaitu Hijriyah Community yang diadopsi dari kata Hijiriah.  Arti Hijriyah menurut komunitas ini adalah suatu perpindahan dari kebiasaan buruk ke hal - hal yang lebih baik lagi.
            Jumlah anggota Hijriyah awalnya hanya 10 orang. Saat pembukaan rekruitmen anggota yang pertama kali dilaksanakan oleh Hijiriyah Comunity berkembang menjadi 20 orang. kemudian berkembang menjadi 20 orang. Kini jumlah keseluruhan anggota sebanyak 32 anggota.
            Hijriyah Community diprakarsai oleh sekumpulan muslimah yang berwawasan luas yaitu Ragwan Alayidrus, Husna Faradiba , Humaira , Nadia dan Amelia Rumi. Hijriyah community memiliki beberapa kegiatan yaitu seminar pranikah, outbound, seminar parenting dan diskusi atau kajian yang bisa menambah wawasan muslimah di kota Palu.
Doc Ragwan ALayidrus

            Sekarang komunitas ini di pimpin oleh Ragwan Alaydrus S.spi yang biasa akrab di panggil Wan. Komunitas ini memiliki visi yaitu:
“Membantu muslimah dalam mengembangkan diri dan memproses menjadi lebih baik”
Selain itu komunitas ini memiliki misi yang begitu kental dengan hijriyah community.
1.      Muslimah shalihah taat pada Allah
2.      Muslimah produktif dan menghasilkan karya
3.      Muslimah cerdas dan berwawasan luas
4.      Muslimah sebagai madrasatul ula dalam keluarga

            Hijriyah Community belum memiliki secreet resmi untuk bernaung, namun hal itu bukan menjadi sebuah hambatan untuk dapat berkarya dan berbagi, mereka memiliki sebuah kegiatan wajib setiap minggunya yaitu pengajian yang lokasi pengajiannya ditentukan dengan cabut lot, sehingga mempererat tali silaturahmi antar  muslimah.
            Selain terkenal di kota palu ternyata komunitas hijrah juga terkenal di sosial media yaitu akun Instagram (@Hijriyah _Community) yang berjumlah 480 followers.
            Beberapa hari sebelumnya Hijriyah Community membuka rekruitmen yang ke-3 yang bertempat di jalan mangga 1 no 16. Persyaratannya membutkan satu karya tulis yang bertemakan bebas dan tidak terbatas usia.
            Selain memiliki kegiatan berbagi, hijriyah community membuat kegiatan yang menghasilkan pundi-pundi rupiah beberapa kegiatannya yang dapat di sebutkan seperti menjual jilbab dan bros masih banyak kegiatan yang tak bisa kami sebutkan. Penjualannya bisa melalui media online atau pun di tempat.
Ragwan Alayidrus

            Aksi sosial yang paling mengesankan pada saat seminar pra nikah dan seminar parenting. Karena mendatangkan motivator yang begitu hebat dan terkenal di Indonesia, bernama ibu Septi yang hadir pada bulan Mei bertempat di gedung Asrama Haji. Selain itu hijriyah community menghadirkan motivator yang paling di kagumi leluconnya, memiliki segudang prestasi dan pengalaman yaitu Bapak Sangaji, moderator kondangan di Sulawesi Tengah tentunya hal ini membuat komunitas lain terkagum dengan seminar yang diadakan Hijriyah Community.
 Ragwan Alayidrus

            Perasaan anggota yang baru masuk merasa tergugah akan kehidupan muslimah yang mencintai islam dengan hati tulus, mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai islam serta hidayah dari Allah SWT dari kegelapan menuju alam yang terang menderang seperti saat ini.
            Kedepannya Wan berharap komunitas ini berjalan baik dan anggota Hijriyah Community bertambah lebih banyak agar sumber daya manusia mampu membantu dan berbagi sesama umat manusia dan saling berbagi dalam segi pengetahuan dan pengalaman.
Ragwan Alayidrus

KELOMPOK KOMUNITAS
PIMPINAN REDAKSI : MUHAMMAD IKBAL (B501 14 091)

REPORTER: AISYAH ROKHIMAH (B 501 14 099)
RIFDA S. ALAYIDRUS (B 501 14 088)

EDITOR: EKA YUNITA SARI (B 501 14 052)
EDI SAPUTRO (B 501 14 087)

FOTOGRAFER : FUAD RAHMAN (B 501 14 102)
HANDRI SAPUTRA NENO (B 501 14 101)

           
           



Komentar