Langsung ke konten utama

PELAKSANAAN PILKADA 2015





Rabu(28/10) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, melakukan berbagai tahapan dalam pelaksanaan pilkada pada desember mendatang,mulai dari pendaftaran pasangan calon hingga pelaksanaan kampanye yang sampe sekarang ini masi berjalan proses kampanye yang di laksanakan ini dari tanggal 27 agustus hingga 5 desember 2015 mendatang.
pilkada kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.jika sebelumnya pilkada di lakasanakan tidak ada kata serentak maka tahun ini pilkada di laksanakan seacara serentak. Bukan hanya pemilihan wali kota dan wakil wali kota tetapi juga pemilihan gubernur dan wakil gubernur.
Sebagai narasuber Agus Salim selaku kepala logistik menyampaikan bahwa,dari ke empat kandidat yang mencalonkan telah memenuhi syarat,karena telah masuk sebagai pasangan calon.karena ada beberapa syarat yang di tentukan yang penetapannya pada tanggal 24 agustus 2015. Ada pun persayaratan nya secara umum yaitu,berijasa paling rendah yaitu SMA,dan yang kedua adalah jika dia PNS dia harus mengudurkan diri,dan jika dia anggota DPR dia juga harus mengudurkan diri dari jabatanya.
Dan adapun pelaksaan kampanye saat ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kampanye saat ini dilaksanakan ada dua yang pertama di laksanakan oleh Komisis pemilihan umum (KPU) dan yang ke dua di laksakan oleh pasangan calon,dari empat pasangan calon ini.Kampanye yang di laksakan oleh KPU  ini adalah yang pertama berupa penyebaran bahan kampanye yang kedua pemasangan alat peraga kampanye,yang ketiga debat public dan yang ke empat adalah iklan pasangan calon.
dan pasangan calon akan melaksakan debat yang mana pasangan calon ini telah melaksanakan debat pertam pada tanggal 16 oktober,yang mana debat ini laksanakan maksimal sebanyak tiga kali sebagai mana yang telah di amanatkan di KPU dan debat yang kedua ini akan di laksanakan pada tanggal 10 november yang akan di laksanakan di hotel Mercury dan debat yang ketiga itu akan di laksanakan pada tanggal 30 november mendatang dan di ikuti oleh ke empat pasangan calon.
Dari debat tersebut masing-masing mempuyai tema,adapun tema yang pertama yaitu tentang ekonomi kesejahteraan,yang kedua hokum dan kebijakan dan yang ketiga adalah social budaya yang terkait dari visi misi pasangan calon.
Dan adapun bebrapa cara KPU untuk menagani kecurangan-kecurangan terjadi yaitu ada rana yang akan mengawasi yaitu dalam hal ini dalah panitia pengawas pemili (panwaslu) jika ada pelanggaran akan di proses di Panwaslu,dan melibatkan kepolisian,kejasaan dan panwaslu.
Dan adapun kesiapan KPU dalam pilkda jika di presentasikan yaitu suda 80% hingga tanggal 9 Desember mendatang,yang dalam hal ini adalah penetapan DPTB1 (daftar pemilih tambahan). Dan ada pun kendala yang di alami KPU yaitu keterbatasan anggaran.Rn
                   
NAMA            : RASNA
STAMUK       : B 501 14 057
KELAS           : B      

Komentar