Langsung ke konten utama

Sampah Busuk Menumpuk



Palu – Jum’at (20/11) kemarin. Kondisi perempatan jalan Thamrin dan Mangunsangkoro sangat memprihatinkan. Sampah yang bertebaran kemana-mana dan bau busuk yang sangat menyengat mengganggu penciuman pengguna kendaraan yang berlalu lalang di area tersebut.
Bukan  hanya pengguna kendaraan saja yang terganggu dengan bau busuk tersebut namun masyarakat yang tinggal tak jauh dari tempat sampah juga mengalami gangguan. Apalagi sampah tersebut berdampingan dengan lokasi sekolah MAN 2 Model Palu tentunya sangat menganggu aktivitas belajar mengajar.
Selain sampah ada masalah lain lagi yang menggagu jalan Mangunsangkoro yaitu gangguan drainase yang terlihat penuh. “Ketika musim penghujan tentu jalan Mangunsangkoro akan digenangi air.” Ujar Rahman selaku warga Mangunsangkoro.
Rahman mengungkapakan pengangkutan sampah di area tersebut hanya dilakukan dua minggu sekali, kemudian pengangkutan sampah lebih sering menggunakan kendaraan motor Kaisar dibanding mobil pengangkut sampah. Hal ini akan menyebabkan sampah semakin memburuk. Ketika musim penghujan sampah berserakan dari batas pembuangannya, sampah tersebut akan menutupi jalanan, dan membawa bau busuk yang sangat menyengat.
Harapan Rahman sebagai warga Mangunsngkoro, marilah kita bersama - sama memperbaiki lingkungan kita. Sebab tak ada orang yang menginginkan lingkungan yang kotor dan berpenyakit. Mulai sekarang kita harus membiasakan menanamkan kesadaran peduli sampah. Sampah dapat diminimalisir dengan berbagai cara antara lain sistem 4R yaitu Reduce, Recycle, Reuce dan Replace.

Nama Aisyah Rokhimah
B 501 14 099
Straight News



Komentar