Langsung ke konten utama

Tempat Wisata Bersejarah Di Kota Palu


Di Bumi Tadulako yang sangat indah ini terdapat salah satu tempat wisata yang sangat bersejarah yang sering dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.
Tempat ini biasa di sebut Sou Raja( Tempat tinggal Raja ) atau Banua Oge. Banua Oge ini terletak di tengah kota tepatnya di Kampung Lere, Kecamatan Palu Barat. Banua Oge  menjadi tempat wisata bersejarah yang berada di Kota Palu sehingga tempat ini di rawat dengan baik oleh keluarga para raja, masyarakat sekitar maupun pemerintah daerah, agar para wisatawan yang berkunjung di Banua Oge ini dapat menikmati suasana dan pemandangan yang ada di sekitar atau di dalam Banua Oge.
Tempat ini di bangun pada tahun 1892 oleh Raja palu ke-8 yang bernama Yodjo Kodi, bangunan ini memiliki dua fungsi yaitu tempat tinggal keluarga raja dan pusat pemerintahan pada masa kerajaan. Menurut ketua pengelolah Banua Oge/Souraja ini “Pemikat Wisatawan mengunjungi Banua Oge ini mungkin mereka melihat dari usia dari bangunan ini yang hampir dua abad lebih dan bangunan ini tinggal satu-satunya peninggalan rumah raja yang berada di tengah kota sehingga para wisatawan mencari yang mana Sou Raja itu yang di kenal sekarang dengan nama Banua Oge”.
Banyak wistawan yang berkunjung di tempat ini baik, dari Wisatawan lokal yaitu siswa-siswi SD, SMP, SMA dan Mahasiswa yang berada di Kota Palu maupun Wisatawan luar yang kebanyakan berasal dari luar Sulawesi yaitu Jawa dan Kalimantan tetapi Jawa mendominasi karena mereka mencari peninggalan-peninggalan bersejarah yang berada di tengah Kota Palu tepatnya di Sou Raja/Banua Oge.
 Banua Oge di bangun atas dasar kontribusi yang di berikan oleh salah satu menantu dari Yodjo Kodi yang menjadi Raja saat itu, menantu dari Yodjo Kodi ini berasal dari Sulawesi Selatan sehingga Bangunan ini di bangun berdasarkan perpaduan antara Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan, kenapa di katakan Kalimantan Selatan karena bahan-bahan khususnya kayu ulin yang di gunakan untuk pembangunan Banua Oge ini berasal dari Kalimantan Selatan dan Bangunan ini merupakan sebuah perhargaan oleh orang yang membangun bangunan ini.
Bangunan ini sekarang di kenal dengan nama  Banua Oge Sou Raja ( Rumah besar rumah Raja ). Saat masa kerajaan bangunan ini sebagai bangunan multi fungsi baik dari tempat tinggal raja, pusat pemerintahan maupun sebagai tempat mengadakan adat istiadat namun sekarang bangunan ini di gunakan sebagai tempat pertemuan keluarga, pemerintah maupun masyarakat  sehingga bangunan ini sifatnya living monument/hidup. Di banua oge sou raja ini setiap tahunnya di selenggarakan milad sanggar seni sou raja dan ada juga festival banua oge. Umur bangunan ini sekitar dua abad lebih sehingga pada tahun 1983 di lakukan pemugaran agar bangunan ini terlihat lebih bagus dan lebih menarik wisatawan yang akan berkunjung di tempat ini. Di sekitar bangunan banua oge sou raja ini telah di bangun baruga/tempat untuk mengadakan pertemuan tetapi bangunannya sementara dalam proses penyelesaian.
Posisi bangunan ini menghadap ke arah barat dan berada di tempat yang strategis yaitu di tengah-tengah kota sehingga para wisatawan dengan mudah untuk berkunjung di tempat ini. Apabila wisatawan berkunjung di tempat ini wisatawan akan menemui benda-benda bersejarah yang berada di dalam banua oge ini yang dulunya di gunakan para raja pada masa kerajaan.

Pemimpin Redaksi      : MUHAMMAD RIF’AT                   B 501 14 053
Editor                          : HERU PRASETYA                         B 501 14 062
Reporter                      : MOH.  HAIKAL                              B 501 14 098
                                      KLARA                                            B 501 14 0
Foto Grafi                   : ALFA RISKY QASIM                    B 501 14 100




Komentar