Langsung ke konten utama

Kuliner khas Sulawesi Tengah

Studio foto bukan milik fotografer profesional, cuman modal tisue, kardus rokok besar, karton putih dan lampu cas bisa mendukung pencahayaan dan background hasil foto anda menjadi seperti studio ala profesional 🤣🤣

Hari ini seperti biasanya kami Pasukan IMIKIB (Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Kelas B UNTAD) mendapat tugas photography dari dosen kami tercinta yaitu Pak Isa Yusa Putra. Kali ini Pak Isa memberikan kami tugas yang bertemakan KULINER KHAS SULAWESI TENGAH. Yaa gambar diatas merupakan hasil jepretan kami yang berhubungan dengan KULINER KHAS SULAWESI TENGAH. Sebenarnya masih banyak gambar yang harus ditampilkan akan tetapi hanya ini foto dari hasil jepretan teman-teman yang ada di dalam laptop saya, okey mungkin sudah saatnya saya menjelaskan maupun memperkenalkan tentang KULINER KHAS Sulawesi Tengah 


. 1. Putu dengan Duo Sole. 


Photograph by  : Aisyah Rokhimah.
Title                       : Putu dan Duo Sole.
Camera Maker  : Canon.
Camera Model  : Canon EOS 1200D.
F-Stop                   : f/5.6.
Exposure Time  : 1/60 sec.
ISO Speed           : ISO-1600.
Exposure bias    :0 step.
Focal length        : 25 mm.

Date taken          : 13/05/2016. 13:06.

Jika anda sedang mengunjungi Sulawesi Tengah anda patut mencoba kuliner ini, Putu dengan Duo Sole dapat anda temui di jalanan khususnya kota Palu pada waktu pagi hari, ingat pada waktu pagi hari? Jangan diwaktu siang, sore dan malam. Karena makanan ini tidak akan anda temui. Putu berasal dari beras ketan yang dikukus kemudian dibentuk seperti gambar diatas dan diselimuti dengan parutan kelapa yang segar. Kue putu biasanya ditemani dengan Duo Sole maupun Sambal Udang Rebon. Duo sole merupakan sambal yang dicampur dengan Ikan Endemik Sulawesi Tengah. Jadi anda tidak bisa menemukan ikan Duo didaerah luar Sulawesi Tengah.

2.Jepa Gula Merah.

Photograph by  :Dian Novita.
Title                       :Kue Jepa Gula Merah.
Camera Maker  : Canon.
Camera Model  : Canon EOS 1200D.
F-Stop                   : f/5.6.
Exposure Time  : 1/50 sec.
ISO Speed           : ISO-1600.
Exposure bias    :0 step.
Focal length        : 21.mm.

Date taken          : 14/05/2016. 09:57.

Sama halnya dengan Putu, Kue Jepa juga dijual pada waktu tertentu, anda bisa membelinya pada sore hari sekitar pukul 16.00 – malam hari. Kue Jepa bisa anda dapatkan disekitar JL. Komodo, Palu Sulawesi Tengah. Mungkin bagi anda yang masih asing mendengar nama Kue Jepa, disini saya akan menjelaskan sampai anda mengerti Apa itu Kue Jepa. Kue Jepa hampir mirip kue sagon yang dikenal oleh orang Jawa pada umumnya, sama-sama terbuat dari sagu dan kelapa. Hanya saja Kue Jepa dicetak dalam cetakan yang berbentuk lingkaran utuh saat proses pemanggangan, dan Kue Jepa terdiri atas dua jenis isian yaitu gulamerah dan ikan. Kedua-duanya memiliki rasa yang sama lezatnya. Jika anda masih penasaran dengan rasa Kue Jepa, ayoo berkunjung ke Sulawesi Tengah.


3.Gorengan dan Kopi Khas Palu.

Photograph by  :Afriandi Palit.
Title                       :Gorengan dan Kopi Khas Sulawesi Tengah.
Camera Maker  : Canon.
Camera Model  : Canon EOS 1200D.
F-Stop                   : f/5.6.
Exposure Time  : 1/40 sec.
ISO Speed           : ISO-1600.
Exposure bias    :0 step.
Focal length        : 34.mm.
Date taken          : 16/05/2016. 13:29.

Gorengan, ini merupakan makanan kesukaan saya walaupun disalah satu artikel ia masuk kedalam kategori junkfood that’s no problem untuk saya, yang terpenting kita makannya gak berlebihan. Okey sebenarnya gorengan sini sengan daerah lain gak ada bedanya. Ubi, Pisang dan Sukun yang dibalur dengan tepung terigu dan kemudian digoreng. Tapi yang unik dari gorengan kami adalah yaaaa ditemani dengan sambal yang hottt, disini makan Pisang goreng gak pakai sambal kurang nikmat rasanya. Kopi khas Palu yang paling di budidayakan adalah kopi jenis robusta, jika anda ingin melihat cara pembuatan kopi khas Palu bisa berkunjung ke pabrik kopi Bintang, yang alamatnya bisa di googling lewat google maps.
Itulah sekilas info dari saya, dengan senang hati saya menunggu kritikan dan saran  dari anda.

Komentar