Langsung ke konten utama

BISMA BATCH 9 CAMP 3 & 4 : Pasuruan Jawa Timur

Camp kali ini menjadi Camp BISMA terakhir untukku, sebab  untuk Camp 5 sendiri saat itu saya lambat mengisi formulir dikarenakan sedang berada ditempat KKN yang jaringannya naik turun kala itu. Kita lanjut bercerita di Camp 3 dan 4, mungkin  Camp ini berbeda dengan Camp sebelumnya sebab camp kali ini digabung menjadi satu , dan sebelumya camp 3 dan 4 itu terpisah. Namun ilmu yang di dapatkan tetap keren kokk.
Sebelumnya saya sudah mendaftrakan diri mengikut KKN angkatan 77 namun dikarenakan nama saya keluar untuk mengikuti camp ini, saya malah membatalkan KKN saya, dan akhirnya ikut KKN di angkatan selanjutnya hehe. Karena waktu itu saya berfikir masih ada pembukaan KKN lagi untuk 2 bulan kedepanya sedangkan camp BISMA hanya dilaksanakan sekali dalam setahun. Dan camp kali ini saya berangkatnya santai banget sejam sebelum keberangkatan saya masih di kampus buat ngerjain tugas akhir sebagai tugas besar Media Audio Visual, masih nyusun teks iklan dan alhamdulilah waktu itu sekalian pamit sama teman sekelompok, dan janji kalau pulang saya bagian editing video. Dan saya sangat berterima kasih sama mereka, dikala saya ngikut camp mereka sibuk syuting iklan. Sekitar jam Stengah 3 saya pulang kampus dan masih sempat kesekret KSE  ngantar barang, sampai rumah mandi ala bebek terus berangkat jam 3 sampai bandara jam stengah 4 lewat. Tahu nggak jam pesawat boarding jam berapa? jam 4, tapi alhamdulilahnya waktu itu pesawat lagi delay, sehingga nggak ketinggalan deh. Dan pukul 18.00 pesawat baru datang.

Kita lanjut cerita gaes, di camp kali ini  ada 50 peserta berkumpul di Saigon Park , Pasuruan Jawa Timur. Saya nggak tahu sama sekali, entah bagaimana bisa sampai kebabak ini, mungkin anak yang tergolong introvet bisa sampai jalan ikut camp  3 dan 4 bersama 50 peserta lainnya. Nah di camp 3 dan 4 ini sob, nggak ada yang namanya pelatih teriak-teriak, makan cepat, dan bangun terbirit-birit. Disini kami udah diberi kepercayaan untuk bisa disiplin dengan diri sendiri. Jadi segala seuatu waktu makan, waktu materi,waktu olahraga, waktu sholat kami yang harus bisa memanajemen.


Moment camp 3 dan 4 kami bolak balik pabrik Indolakto ke Saigon. Banyak materi yang diberikan mengenai kesiapan kerja, public speaking, seputar perusahaan Indofood, pengaplikasian pengabdian masyarakat dll. Ketika di pabrik indolakto kami bersenang-senang belajar mengenai produk indolakto. Ketika visit company kami melihat proses pembuatan susu dengan kecanggihan teknologi hingga ke tahap finishing yang dijelaskan secara detail. Dan saya baru mengetahui bahwa proses pemerahan susu yang baik itu dilakukan pada waktu subuh, didalam pabrik sendiri diberi pembatas kaca dikarenakan kebersihan sangat terjaga dan dilarang melakukan pemotretan


 Pengalaman lainnya di camp ini, kami telah dibagi menjadi 4 divisi, yaitu pendidikan, kesehatan, kewirausahaan serta teknologi. Waktu itu memilihnya saat mengisi formulir online, jadi kami belum tahu akan setim sama siapa di camp ini. waktu itu saya milih dibidang pendidikan jadi kami membuat program, edu fair, kelas inspirasi, dolanan, serta perpustakaan mini, dan ini dilaksanakan di tiga lokasi yang berbeda.

 Untuk edu fair kami melakukan sosialisasi pengenalan kampus dan beasiswa ke sebuah SMA , selain itu untuk kelas inspirasi dan dolanan dilaksanakan di Sekolah Dasar, pembuatan perpus mini dilaksanakan di panti asuhan yag juga memadukan dengan program dolanan.


Nah setelah itu kami udah focus diSaigon Park buat nerima materi mengenai skill, dan kami diajarkan melakukan hoop dan retorika. Yang saya tangkap dari materi ini kita diajarkan untuk bisa percaya diri, bersyukur dan memaafkan segala kesalahan yang ada pada diri. Dan pada materi retorika syukur alhamdulilah kelompok kami menang berkat kawan kami  lucky yang beruntung hehe.

Pada akhir kegiatan kami diberi mandat buat laporin hasil kegiatan, supaya beda dari yang lain nih akhirnya kami nampilin video divisi pendidikan namun tak disangka, speakernya kekerasan dan akhirnya rusak. Nggak sengaja kami rusakin speaker hotel. Mohonn maap ya.

klik videonya

 Sehingga diakhir acara sebagai perpisahan kami nggak diiringi musik hanya makai musik blutut yang kecil banget, dan nyanyi sambil ngelingkar gitu. 

Sebelumnya saya sangat berterima kasih terhadap pihak Indofood dan KSE yang telah memberikan banyak pengalaman an juga sahabat seantero tanah air. Sampai sekrang nggak bisa move on kalau inget kalian, dan jujur sebenarnya pengen banget ikut camp terakhir namun jika tuhan berkehendak kita nggak bisa komplain yaa, teruntuk sahabat-sahabat ku di BISMA BATCH 9 walau kalian mungkin sebagian tak mengingatku karena aku adalah si pendiam heheh, tapi saya akan selalu mengingat kalian semua. 
Dan mungkin suatu saat nanti kita akan menjadi orang yang suskses dan bisa bertemu kembali lagi aminnn...





Komentar