Langsung ke konten utama

BODY SHAMING




Apakah kecantikan dapat dinilai dari wajah? atau dari bentuk tubuh? terkadang tak asing lagi ditelinga orang-orang yang sering menjadikan wajah dan tubuh menjadi sebuah jokes yang dianggapnya begitu menghibur, tapi kita harus berhati – hati bukannya menghibur malah jadi body shamming. Apa sih body shamming itu ? Body shamming adalah mencela orang lain atau dirimu sendiri karena penampilan fisik.

Salah satu contohnya *ih kok kamu gendut banget sih.. kok iteman sekarang. Kok banyak jerawat ya. . 

Mungkin beberapa orang bisa menghadapi perkataan tersebut dengan legowo, atau bodo amat. Dan semua kembali ke mindset kita. Bagaimana caranya agar tidak insecure atau bisa berfikir positif dan lebih bersyukur. Mengapa kita harus mensyukuri tubuh kita, karena dalam surah At Tin Allah telah menciptakan kita dengan anggota tubuh yang lengkap untuk bisa beraktivitas. Di dalam tubuh kita terdapat organ tubuh yang perannya sangat vital untuk membuat kita bisa terus hidup dan bernafas seperti saat ini sungguh besar rahmat dan kasih sayang Allah kepada kita.

Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya
Qs. At Tin 95 : Ayat 4


Namun disisi lain terdapat orang orang yang belum bisa menghadapi body shaming sendiri. yang akibatnya hal tersebut mempengaruhi ksehatan mental mereka dengan membandingkan diri dengan orang lain dan lebih parahnya rela memilih permaks tubuh ataupun bunuh diri seperti yang terjadi di negeri gingseng.  sampai banyak kisah yang menceritakan mengenai body shaming dari negeri gingseng ini seperti, Gangnam Beauty, Secret Anggel, Lokism dan sebagainya dan kalian juga bisa menonton film 200 Pounds Beauty yang berlatar belakang body shaming terhadap diri sendiri. Maka tak heran bukan hanya dikisah fiktif saja di dunia nyata pun banyak sekali orang yang berlomba- lomba untuk mencapai ukuran tubuh idealnya selayaknya Miss Universe ataupun putri Indonesia. Dan yang paling parah ketika orang orang yang berhasil menguruskan badannya dan ia takut berat badannya naik justru membawa penyakit bulimia. Penasaran apa sih bulimia? Google aja ya sob. Dan hal ini sering terjadi dikalangan profesi modeling.
 Selain itu mereka ada yang lebih berani untuk mengubah kodrat tuhan, dengan  operasi plastik, potong gigi . Filler bibir dan sebagainya untuk mendapatkan pujian dan kepuasan bagi orang-orang yang melihatnya. ingat merubah bentuk ciptaan Allah justru akan membawakan petaka kedepannya, sebagaimana Allah telah menjelaskan dalam hadist riwayat Muslim


“ Allah telah melaknat mengutuk orang-orang yang membuat tato dan orang yang minta dibuatkan tato, orang-orang yang mencabut bulu mata, orang-orang yang minta dicabut bulu matanya, dan orang-orang yang merenggangkan gigi demi kecantikan yang merubah ciptaan Allah." 



Tulisan ini ditujukan agar kita sadar dan mulai menghentikan budaya body shamming dinegeri ini, saya bukan menggurui tetapi mengajak teman – teman untuk bisa mengenal lebih dalam dampak dari body shaming sendiri. Lelucon, kenapa kita harus menjadi kan sesuatu yang negatif menjadi sebuah lelucon jangan sampai pelecehan verbal kalian justru membuat seseorang berniat untuk tak bisa tampil percaya diri, menyalahkan diri sendiri dan bahayanya bisa saja mereka para korban beniat untuk mengakhiri hidupnya sendiri.


Untuk kalian para korban body shamming berhenti mengasihi dirimu, belajarlah untuk bersyukur, berlatih untuk menghargai diri sendiri, dont insecure .. Toh kita masih bisa bersyukur, diberi kesehatan untuk bisa bernafas, dan masih banyak orang yang peduli dengan kondisi kita. Tapi bukan berarti kita bermasa bodoh contohnya jarang mandi terus nggak mau ubah ke pribadi yang lebih baik gitu gitu aja sampai di tegur orang sekitarpun nggak denger hehe.. atau makan sepuasnya sampai kategori obesitas dan akhirnya komplikasi penyakit.. atau rambut kutuan di tegur teman bodo amat nggak mau sampoan hehe. Nggak gitu juga ya gaes bodo amatnya..  tuhan memberikan kita tubuh sehat jasmani maka kita harus menyayangi tubuh kita dengan merawatnya dan menjaganya..  jangan lupa manjakan diri dengan hidup sehat, rapi dan bersih serta berbenah untuk mendekatkan diri kepada tuhan agar menjadi manusia yang cantik luar dan dalam 😁😁Tetap semangat dan tersenyum masih ada hari esok untuk bangkit lagi..


Komentar

Posting Komentar